Pesan Dalam Islam Creatife Terima Kasih Atas Kunjungan Anda By. Danang Adyanto

Anak Kecil (yakni yang meninggal dunia selagi kanak-kanak atau keguguran), adalah Tameng Dari Siksa Neraka bagi orang tuanya


1. Perempuan yang ditinggal mati oleh anaknya.
“ Perempuan manapun yang ditinggal mati oleh tiga orang anaknya maka ketiga anaknya itu akan menjadi dinding baginya dari api neraka.” (Perawi: Al Bukhari dari Abu Sa’id Al Khudri)

2. Sabar itu pada penderitaan Pertama:
“ Sesungguhnya sabar itu hanyalah ketika penderitaan yang pertama.” Diriwayatkan oleh Abd Ibnu Hamid dalam Musnadnya dari Anas bin Malik r.a.

Keterangan: karena itulah pertolongan iman dan kekuatan yang diberikannya pada saat permulaan ditimpa musibah itu sangat diperlukan. Mereka yang sabar menerimanya memperoleh kabar gembira dari Allah.

3. Anak-anak di dalam surga
“Anak-anak kecilmu –pada riwayat yang lain- anak-anak kecil mereka – (menjadi) kunang-kunang di dalam surga, seorang diantara mereka menemui ayahnya, memegangi bajunya tidak berhenti sampai Allah memasukkan dia dan ayahnya ke dalam surga.” Perawi: Imam Ahmad, Bukhari di dalam Al Adabul MUfrad, Imam Muslim di dalam Shahihnya dari Abu Hurairah.

Keutamaan Anak Kecil Yang Meninggal Dunia Sebelum Baligh :

1.Akan langsung masuk sorga.
2.Akan bisa menolong orang tuanya kalau orang tuanya orang iman.
3.Jadi pelayan penduduk sorga sebagaimana berlian yang disebar

Bagi para orang tua beriman yang mengalami anaknya yang belum baligh kok sudah meninggal dunia sebaiknya jangan sedih karena akan jadi tameng.yang akan bisa menolong orang tuanya untuk masuk sorga.
Seorang ibu beriman yang mempunyai banyak anak akan wajib masuk sorga krn sudah mendapatkan pahala yang begitu besar yaitu pahala waktu hamil, waktu melahirkan dan waktu menyusui.

Bayi Meninggal Menolong Orang Tuanya

Bayi itu dilahirkan suci dan bersih. Kelak di alam maghsyar, ia menjadi penolong bagi kedua orangtuanya. Namun perlu diingat, anak itu hanya bisa menolong orangtuanya kalau mereka masih berada dalam jalan Islam. Kalau mereka sudah menyimpang dari jalan Islam atau berbagai peraturan yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya, pertolongan itu akan batal dengan sendirinya.
Contoh, orangtuanya telah meninggalkan shalat lima waktu hingga ajalnya tiba. Lebih-lebih mereka dengan kekayaannya yang berlimpah tidak mau menjalankan ibadah haji. Sekali lagi, anak tersebut hanya bisa menolong orangtuanya, sebatas jika orangtuanya juga menaati perintah Allah dan Rasul-Nya. Orang yang ditinggalkan tidaklah wajib menahlilkan. Jadi, ditahlilkan boleh, tidak juga tidak apa-apa. Sebab anak itu suci, langsung masuk ke surga.
Yang dimaksud dengan bayi atau anak kecil adalah anak yang belum baligh. Batasannya mungkin sekitar 10 tahun. Sedang dalam ilmu fikih, yang disebut belum baligh, bagi perempuan sebelum haid, dan bagi lelaki belum pernah mengalami ihtilam (mimpi basah).
Berita Gembira Tuk Orang Tua yang Anaknya meninggal Dunia

Apa yang anda rasakan ketika anak, orang tua, saudara atau kerabat dekat Anda tiba-tiba saja di panggil oleh sang Khaliq? Tentu sedih dan mungkin putus asa karena kehilangan seseorang yang kita sayangi dan bahkan menjadi tumpuan hidup kita. Kehilangan orang tercinta memang sungguh menyedihkan tapi taukah anda, ada berkah di balik setiap peristiwa, pun kematian tentu jika kita mampu menyikapinya secara bijak, penuh kesabaran dan keikhlasan.

”Innalillahi Wa innalilallhi Roji’un” Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan pasti kita akan kembali kepada pemilik kita, Allah Ta’ala

Nah, ada kabar gembira bagi orang tua yang ditinggal mati oleh anaknya , apa itu?.

Baiklan, coba kita dengarlah sabda Rasulullah berikut ini: ’Diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata : ”Rasulullah saw bersabda, tidaklah seorang muslim kematian tiga anaknya yang belum baligh, kecuali, Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga berkat kasih sayang-Nya kepada anak-anaknya tersebut, ”(HR Bukhori muslim).

Ada beberapa hal yang mesti diketahui oleh orang tua pun kita, agar kematian tersebut bisa menjadi berkah dan mengantarkan kita menuju surga Allah. Diantaranya, seperti yang telah saya katakan diawal,



1. Sabar Dan Ikhlas

Orang tua mesti sabar dan ikhlas menerima kepergian sang anak, tidak meratapi kepergiannya secara berlebihan boleh menangis dan bersedih asal tidak berlarut-larut sehingga dapat menimbulkan keburukan bagi kesehatanya.

2. Sadar dan memuja Allah

Yaitu dengan mengucapkan kalimat istirja (innaa lillahi wainnailillaihi roojiun) dan merenungi kandungan maknanya. Kita , anak kita, dan segala sesuatu yang ada disekitar kita semuanya adalah milik Allah. Anak adalah amanah, titipan dari Allah, yang mesti kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya. Karena anak ibarat barang titipan tentu suatu saat jika sang pemilik akan mengambil kembali miliknya tersebut kita harus berlapang dada menyerahkan barang titipan tersebut kepada sang pemilik

3. Mengharap pahala atas kematian sang anak.

Seperti yang telah saya katakan diawal, bahwa, kematian seorang anak bukanlah suatu musibah melainkan himpunan berkah yang mesti dipetik oleh orang yang di tinggalkan. Orang tua semestinyalah memohon pahala dan keberkahan dari peristiwa tersebut, maka dengan senang hati Allah akan melimpahkan banyak kebaikan dan pahala kepada hambanya yang meminta dengan setulus hati.

Nah, bukankah hal ini merupakan kabar gembira bagi orang tua yang ditinggal mati oleh anak-anaknya yang belum baligh dan janji Allah tersebut merupakan bukti karunia dan kemurahan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dan jika pun mendatangi neraka, itu hanya bagian dari janji Allah yang telah menjadi ketetapannya.

Lho, menetapi janji apa ? mungkin saudara bertanya-tanya akan hal ini. Janji ini berkaitan dengan firman Allah dalam surat maryam (19) : 71 ”dan tidak seorang pun dari kalian, melaikan dia pasti mendatangi neraka itu ”.

Belum jelas? Maksud mendatangi disini adalah menyeberanginya di atas shiraat, yaitu sebuah jembatan yang di bentengkan di atas neraka jahanam, bukanlah untuk mencapai pintu surga, seorang hamba mesti melewati jembatan tersebut ? dan ketahuilah wahai para orang tua, anak-anak anda yang telah meninggalkan anda terlebih dahulu tersebut, kelak akan menunggu anda di pintu tersebut (surga-red).



Haruslah tiga anak ?

Apakah mesti tiga atau 2 anak baru orang tua dapat menikmati kemewahan surga? Kalau begitu bagaimana dengan orang tua yang kematian satu anak ? atau malah tidak kematian sama sekali?

Sesungguhnya Allah Maha pemurah lagi Maha Bijaksana, hal di atas ternyata tak hanya berlaku bagi orang tua yang kehilangan 3 atau 2 anaknya, maka orang tua yang hanya kehilangan satu anak pun dapat merasakan nikmatnya surga lalu bagaimana dengan orang yang tidak kematian anak sama sekali dari umat Rasullullah ? ingat ! Rasulullah adalah pemberi syafaat (pertolongan ). Dan syafaat Rasulullah ini akan di bagikan bagi umatnya yang Rasulullah kehendaki, jadi tenanglah orang tua yang tidak di tinggal mati oleh anaknya, karena syafaat Allah akan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Meski kematian anak membuka jalan bagi orang tua di taman surga, namun tidak diperenankan orang tua kemudian mengharapkan agar anaknya meninggal dunia. Surga ini hanya pengganti anaknya yang di minta oleh Allah. Sesunguhnya anak merupakan ladang berkah, ketika masih hidup ataupun telah mati, anak senantiasa memberikan manfaat bagi orang tua.

Menurut Hadits Qudsi:
Allah SWT berfirman pada harui kiamat kepada anak-anak:
"Masuklah kalian ke dalam surga!"
Anak-anak itu berkata: "Ya Rabbi (kami menunggu) hingga ayah ibu kami
masuk."
Lalu mereka mendekati pintu syurga! tapi tidak mau masuk ke dalamnya. Allah
berfirman lagi: "Mengapa, Aku lihat mereka enggan masuk? Masuklah kalian
kedalam surga!"
Mereka menjawab: "Tetapi (bagaimana) orang tua kami?" Allah pun berfirman:
"Masuklah kalian ke dalam syurga bersama orang tua kalian."
(Hadits Qudsi Riwayat Ahmad dari Syurahbil bin Syua�ah yang bersumber dari
sahabat Nabi SAW)


Istilah "al-wildan" dalam Hadits Qudsi diatas adalah kata jama�, mufradnya
(kata tunggalnya) adalah "al-walid", artinya anak yang baru dilahirkan, yaitu
bayi atau anak kecil yang belum akil baligh. Jadi maksudnya ialah anak kecil
yang meninggal dunia. Hal itu diterangkan dalam Hadits lain yang diriwayatkan
Ibnul-Atsir sebagai berikut:
"Anak kecil (yakni yang meninggal dunia selagi kanak-kanak atau keguguran),
masuk syurga."


Maksud hadits diatas, termasuk salah satu di antara rentetan peristiwa yang
terjadi pada hari kiamat di padang masyar. Gambaran ringkas dari
peristiwa-peristiwa itu adalah sebagai berikut:
1. Setiap orang dibangkitkan dari kuburannya masing-masing
2. Masing-masing digiringkan oleh malaikat Zabaniah kepadang Masyar. Setelah
itu mereka dikelilingi oleh hewan-hewan dan apa saja yang ada sangkut pautnya
dengan mereka. Juga dikelilingi oleh malaikat langit masing-masing tingkatan.
3. Matahari diciptakan kembali dan diletakkan di atas mereka pada jarak satu
mil, sehingga mereka selain berdesak-desakan dn berjubel-jubel (kaki diinjak
oleh seribu kaki-kaki diatasnya), juga dibakar oleh panasnya matahari,
berkeringat, lapar, haus dahaga tidak terperikan siksanya.
4. Ketika mereka mengalami lapar dan haus itulah anak-anak yang tadinya
meninggal selagi masih kecil dan dilepas oleh orang tuanya dengan sabar dan
tawakal, datang kepada orang tuanya masing-masing dengan membawa segelas air
untuk diminum, dan apabila sudah diminum, tidak akan lapar dan dahaga lagi
selama di alam Masyar itu. Demikian menurut beberapa Hadits.
5. Mulai hisab dengan menerima buku catatan harian masing-masing yang selama
hidupnya dicatat oleh malaikat Raqib dan Atid.
6. Dilakukan mizan (penilaian timbangan) terhadap segala macam amalan setiap
orang, kecuali orang-orang masuk surga tanpa hisab.
7. Meniti shirat yang harus dilalui oleh keseluruhan yang ada di padang
Masyar itu. Meniti shirat yang kedua bagi mereka yang telah selamat meniti
shirat yang pertama.
8. Mana yang sudah bersih benar baru diidzinkan masuk syurga.

Pada saat itulah Allah memerintahkan kepada anak-anak (yang tadinya
meninggal dunia selagi belum akil baligh) untuk memasuki surga. Tetapi mereka
memohon syafa�at (pertolongan) kepada Allah agar kiranya dapat masuk surga
bersama orang tua mereka. Memang mereka juga penuhi perintah Allah, untuk
datang mendekati pintu syurga, tapi masih belum mau memasukinya, sehingga
Allah Yang Maha Mengetahui bertanya lagi: "Mengapa Aku lihat anak-anak itu
masih saja belum masuk syurga? Masuklah kalian ke dalam syurga itu". Pada
saat itu mereka mengulangi permohonannya bagi orang tua mereka. "Kami belum
mau masuk, sebelum orang tua kami yang menjadi asal pokok kami, dan ibu-ibu
kami yang telah mengandung kami sembilan bulan dan kemudian membesarkan kami
masuk juga bersama kami".
Demikianlah mereka berhenti dekat pintu surga, menunggu keputusan Allah SWT
dengan penuh harapan.
Akhirnya putusan yang dinanti-nantikan itu datang dengan segera, dengan
firman Allah Yang Maha Mengetahui: "Masuklah kalian ke dalam surga bersama
orang tua kalian".
Penegasan ini oleh Allah kira-kira dimaksudkan untuk menampakkan betapa
besar keutamaan anak-anak dan betapa besar pula pengaruh ridla qadla� dan
qadar Allah, sabar dan puji syukur kehadirat Nya.


(Sumber: Hadits Qudsi, KH.M. Ali Usman dkk)

untuk istriku tersayang.... sabar ya.
insyallah kita di berikan yang lebih baik lagi.

allah swt tidak selalu menurunkan nikmat dengan kesenangan saja ,
tapi bisa dengan kesedihan dulu.

semua ada di sepengetahuan allah swt.

iklas dan syukur adalah kunci kebahagiaan kita.

31 comments:

  1. Subhanallah. Tgl 14 des 2012 kmarin, putri kami 5bln, telah berpulang ke hadirat Allah SWT. Merupakan "cobaan" atau "ujian" yg sangat berat bagi kami. Tetapi ikhlas dan sabar, sangat ingin kami gapai. Insyallah.

    ReplyDelete
  2. Subhanallah. Saya baru saja kguguran usia kandungan saya 7 bulan, awalnya saya berpikir allah tidak adil tapi lama lama saya sadar mungkin allah lebih sayang padanya daripada saya. Sekarang saya ikhlas n selalu mendoakannya.

    ReplyDelete
  3. Allah Alllah Allah.. Anak ku meninggal di dalam kandungan... Alhamdulillah istru sehat.. Moga istri ku diberi ksabaran...

    ReplyDelete
  4. 26 Juni 2016. Putra Ku Tercinta "ABDULLAH UMAR ZAIN" pergi meninggalkanku selama-lamanya, walaupun hanya 6 Bulan di kandungan, 2 Jam di dunia, sungguh itu adalah anugrah terindah yang Allah berikan untukku, semoga kita bisa berkumpul kembali di Surga Allah (Insha Allah) aamiinn ya Allah

    ReplyDelete
  5. Subhanallah...agak sedikit tenang hati ini setelah baca artikel ini, 4 desember 2016 lalu putra ke2 ku pergi meninggalkanku utk selama lamanya, hanya 1 thn 3 bln kebersamaan kami. sedang lucu2nya, baru mau belajar jalan dan mengucap Allahu Akbar. berat memang berpisah dgn nya tp aqidah harus ikhlas dan sabar, tak ada 1 org pun yg bisa menentang ketetapan-Nya, aq hanya berdoa semoga Allah selalu menjaga anakku, diberikan tempat terindah di surga-Nya, semoga aq dan suami selalu istiqomah....sabar ya nak tunggu mamah, parah, dan kakak, semoga kelak Allah pertemukan kita di syurga yg indah...amiinn ya Allah...

    Afnan Sakhi El Bathin
    11 agustus 2015 - 04 desember 2016

    ReplyDelete
  6. Inalillahiwainalillahi rojiun hari minggu kemarin tepatnya tgl 26 feb 2017 anak bungsu kami Haura Nazhifa Karyana telah dipanggil oleh yang maha kuasa...sampai saat ini perasaan kehilangan menyelimuti kami terutama sy ayahnya tak ada lagi yg tiap subuh bangunin sy untuk solat subuh..tak ada lagi yg klo solat magrib dan isya dy selalu mendahului d atas sejadah yg mw sy gunakan. Mungkin ini sudah jalan Allah lebih sayang putri saya Haura..kami iklas melepas kepergiannya,selamat tinggal nak kelak d syurga kita kan bersama sama lagi. Amin

    ReplyDelete
  7. Inalillahiwainalillahi rojiun.. Saya juga baru kehilangan bayi ke 3 pada 14 Maret 2017, usianya 8 bulan kurang 1 hari. Smoga saya n suami slalu bersabar n ikhlas dalam ujianNya. Dan segera diberi amanah lagi lelaki shaleh yg pandai adzan. Aamiin Allahumma Aamiin ya Allah

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.. Saya baru saja kehilangan putra tercinta 2 minggu lalu.. Saat usianya belum genap 5 tahun.. Sebelumnya 3tahun lalu putri kedua kami yang baru berusia 18 jam juga berpulang ke rahmatullah. Masih terasa perih dan tersayat hati ini saat rindu menyergap.semoga Allah memberikan kesabaran, keikhlasan pada qta semua para orang tua yang kehilangan anak2 nya. Semoga Allah akan ganti semua tangis dan rindu ini dengan kebahagiaan kelak..selamat jalan abang naufal dan dede Dalisha, semoga kelak Allah akan mempertemukan kita kembali di syurganya,, Aamiin Ya mujibassailiin

    ReplyDelete
  11. Saya kehilangandua ank.pafa mulany agak sussh hendak redha

    ReplyDelete
  12. Innalillahiwainnaillaihiroji'un .. saya kehilangan anak ku pada tgl 9 maret 2014 hanya 5 hari umurnya di dunia , karena dia sakit . Waktu itu saya seperti mendengar suara petir di siang hari manakala dokter bilang anak saya tidak bisa bertahan . Sungguh hati ini hancur berkeping2 mendengar berita itu . Sampe skrg hati ini kangen dgn putraku pertama , air mata tidak tertahankan utk selalu menangis . Insya Allah saya kuat . Krn putraku sudah lebih bahagia bersama Allah di surga . Jaga putraku Ya Allah . Amiin

    ReplyDelete
  13. Bidadari surga ku kini tlah tiada n meninggalkan kununk selama lamanya tgl 02 04 2018 usia 5bln krna sakit radang otak,y allah begituu beratt cobaan ini kau berikan unk ku ya allah,hambaa ikhlas y allah semoga ank ku jd tabungan ku n suami ku yg bs menyelamatkan ku n suami ku dr api n siksa neraka,amienn

    ReplyDelete
  14. Innalilahi wainnailaihi ilaihirojiun
    Kehilangan putra yg di damba terasa pilu juga bagi kami.putra kami Muhammad Hasan Nawawi telah tiada.hanya bertahan hidup 1,5 jam.usia 25 minggu..Takdir Alloh akan indah pada akhirnya jika kita bertawakal..

    ReplyDelete
  15. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun
    Putri yang sangat kami nantikan telah berpulang setelah saya lahirkan scr sc dan berjuang selama 18 hari di ruang NICU bayi. Beri kami kekuatan untuk menjalani semua takdirMu ya Rabb

    ReplyDelete
  16. Sempat sudah tak ada harapan lagi ,bahkan pikiran hanya memikirkan kematian ,kenapa secepat ini Alloh mengambil anakku yang baru saya lahirkan,hanya 4 hari saya bertemu dengan malaikat kecil ku ,dia terlahir prematur ,tapi dia sangat ganteng sekali ,kakinya,matanya,idungnya,bibirnya Alloh karuniai sempurna tapi Alloh lebih sayang pada anakku ...Kerjaanku saat ini mencari teman yang senasib dengan ku karena aku sudah rapuh, ,aku menemukan ibu ibu yang sangat kuat dan tegar di sini ,semangaaaaaat malaikat kecil menanti kita di surga 😇

    ReplyDelete
  17. Anak syurga ku kembar si abang hanya dapat bertahan 15hari setelah berjuang di nicu kerana sakit cdh. Hari2 menangis bila tengok keadaan anak sana sini di masuk wayar di badannya. Allah lebih sayangkan anak syurga ku..pada mulanya amat berat untuk terima ketentuan Allah..kini kembar si adik menjadi peneman mama..alfatihah untuk malaikat kecil mama.muhammad fateh jumpa mama papa kakak dan kembar adikmu di syurga nanti insyaalah..

    ReplyDelete
  18. Sempat terpikir, kenapa terlahirkan jika akan diambil kembali...rasanya sakit ketika anak ku azka raqila setiawan diusia 4 thn harus berjuang dengan kanker stadium 4 selama 1 thn. di 14 desember 2018 anak kesayangan ini harus berada disurgamu ya allah. Semoga tangis dan rinduku ini akan indah pada waktunya nanti. Aku ikhlas dengan smua Tadirmu Ya allah. Titipan Mu begitu nyata, Begitu berharga. Tapi surgamu lebih nyata lebih indah dari segalanya. Amin yra

    ReplyDelete
  19. Ranindita wahyu al hady putri adlh bidadari cntik yg engkau ti2pkn pd kami,hny 3th 11hr enkau percyakn dia pd kami ya allah.sngt brat dan skit mnrima knytaan ini,tp ini smua adlh takdirmu ya allah.al fatihah utk bidadari cantik ma2.tunggu ma2 dan ayah d pintu syurga,insyallh kelak kita akn berkumpul lg amin...

    ReplyDelete
  20. Rifqi Zidan Maulana , 7 th kita bersama merawatmu Jagoan kecil yang ganteng, Sholeh,lucu, cerdas dan menggemaskan. Dipanggil Alloh Sang Pemiliknya, tanggl 8 Maret 2019 Jam 04:00 Pagi. Walau terasa berat,sedih, dan Sulit dipercaya. Pada Akhirnya Kami harus Ikhlas dan Sabar meneriman kenyataan yang merupakan Ujian dari Alloh , yang menunjukkan Alloh cinta pada Rifqi dan Kami Sekeluarga. Semoga Syafaat mu Rifqi , bisa mengantarkan kami ke Syurga bersamamu.Aamiin

    ReplyDelete
  21. 5 maret 2019 jam 19:20 anak pertama kami,ilham umur 12 th yg bbrp bln lg akn unas menghadap allah lwt sakit dbd.berita ini kami dapatkan dlm perjalanan saat menunggu ketidakpastian bis malam dari jkt k sby krn kehabisan tiket kereta&pas2annya uang utk naik pswt.sebelumnya adek rewel & panas naik turun spt kakak bhkn g mau mkn nasi cm susu seharian.semoga bunda+adek+ayah+uti+kung bs ikhlas&sabar dg kepergian kakak.sedih tiap adek tny kakak mn+blg kangen kakak&bunda ingat smw kenangan brsama kakak.maafin bunda yg g ada d saat terakhirmu.terima kasih allah tlh menitipkan ilham yg soleh+bintang sekolah+hafiz juz amma+sabar+tegar+cakep k kami,tempatkan kakak di surgamu ya allah.

    ReplyDelete
  22. Fellicia khadidjah azzahra tgl 17 agustus 2017 engkau lahir dari rahim mama... dan 28 januari 2019 kmrn meninggalkan q,.. ternyata allah lebih sayang kepadanya sehingga dia dipanggil terlebih dahulu... syukur alhamdulillah dia pernah ad dalam kehidupan q... dia anak yg begitu cantik,cerdas,dan begitu menggemaskan... sakitmu hanya semalam tp allah sdh memanggilmu nak... meskipun kepahitan pernah ad sebelum engkau tiada... dmana sosok ayah meninggalkan qta hanya demi permpuan itu... tp mama akan slalu tabah dan akan bljr mengikhlaskan ap yg terjadi.. kpergian mu sangat menyesakkan hati mama... engkau belahan hati mama.. saat ini mama akan mnjaga kakak" mu dan berdoa setiap hari untukmu... mama berdoa semoga mama,kakak alfin dan kakak safa,eyang uti/kakong dpertemukan di surganya Allah SWT nantinya... Aamiin yra...

    ReplyDelete
  23. Ya Allah,,sy merasa tidak sendiri.Jika pada waktunya nanti jemput kami untuk menuju surganya Allah. Semoga menjadi tabungan abadi kami, menjadi pahala yang disegerakan dan memberi syafaat untuk kami.Masih ada rasa rindu untuk peluk kamu. Damar langit lahir 30-9-2019 wafat 01-10-2019

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan pesan yang membangun.