Pesan Dalam Islam Creatife Terima Kasih Atas Kunjungan Anda By. Danang Adyanto

Keistimewaan Ramadhan


1. Bulan Al Qur’an
Dalam Al Baqarah (2:185) Allah berfirman: “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)…”

2. Diutusnya Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah
Muhammad diutus Allah menjadi RasulNya melalui diturunkannya wahyu Al Quran yang pertama di bulan Ramadhan.

3. Terjadinya Lailatul Qodar
Dalam Al Qadr (97:1-5) Allah berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai fajar.”

4. Dilipatgandakan pahala wajib dan sunah
Dalam HR Ibnu Khuraimah: Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang mendekatkan diri pada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu di dalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan 70 fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.”

5. Bulan syafaat, berkah dan ijabah
Menurut sejarah, bulan Ramadhan itu bulan yang dipenuhi dengan kemenangan-kemenangan besar yang diperoleh Rasulullah dan para sahabat. Bulan Ramadhan selain dikenal sebagai bulan Syayyidusy Syuhur (ratu segala bulan), juga sering disebut sebagai Syahrul Quran (bulan diturunkannya Al Quran), Syahrush Shiam (bulan puasa), Syahrun Najah (bulan keselamatan dari azab neraka), Syahrul Jud (bulan kemurahan), Syahrut Tilawah (bulan untuk membaca dan menekuni Al Quran), Syahrush Shobri (bulan sabar), Syahrur Rahmat (bulan yang dilimpahi rahmat), bahkan disebut Syahrullah (bulannya Allah)..

Subhanallah, begitu mulia dan istimewanya bulan Ramadhan ini.. Semoga kita semua dapat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dengan maksimal, sehingga mendapat berkah dan ridho dari Allah Swt.. Ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan Bapak Ibuku.. dan semoga di bulan suci ini, Kau limpahkan berkah, rahmat dan ampunan kepada mereka.. Amien..

Semoga bermanfaat…

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan pesan yang membangun.