Pesan Dalam Islam Creatife Terima Kasih Atas Kunjungan Anda By. Danang Adyanto

Masa Lalu?


Ada 3 masa yang menghiasi kehidupan anak cucu adam,
1.masa lalu
2.masa kini
3.masa depan,
konon diantara 3 masa itu yang paling berpengaruh bagi kehidupan kita adalah masa lalu,
karena masa depan yang masih menjadi mistery,
masa kini sedang sedang kita jalani pada akhirnya akan berkumpul menjadi masa lalu semua.
Masa lalu terpahat rapi dimemori setiap manusia,takkan bisa dilupakan untuk selamanya, tidak bisa dihapus secara permanen, sekuat apapun kita berusaha melupakannya, pada saat-saat tertentu bayang masa lalu akan datang tanpa bisa dicegah


Ada yang bilang masa lalu tidak penting, yang lebih penting dipikirkan adalah masa depan, toh masa lalu takkan bisa diulang lagi, tak ada gunanya membahasnya. mungkin kalau masa lalu itu indah efeknya bagus untuk masa depan, tapi berbeda dengan masa lalu yang buruk. Banyak keputusan dimasa sekarang dan masa depan yang dipengaruhi masa lalu. Orang yang dimasa lalunya sering ditimpa atau menyaksikan pengkhianatan dari orang-orang terdekat, ia akan cenderung menjadi pribadi yang extra hati-hati, tidak mudah percaya sama orang lain, dampak buruknya dia akan dihantui rasa was-was, curiga yang berlebihan.

Bagaimana Menyikapi Masa Lalu?


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan, bahwa masa lalu adalah hal biasa dan akan menimpa setiap manusia yang berakal, dengan begitu kita tidak akan disibukkan dengan pertanyaan-pertanyaan “kenapa harus ada masa lalu? kenapa ia tidak bisa dilupakan? dan pertanyaan-pertanyaan senada. Dengan cara ini pula masa lalu tetap akan terlihat sebagai mana mestinya, jangan memandangnya secara berlebihan,sebab itu akan memperburuk keadaan.

Masa Lalu Tidak Harus Dilupakan

Banyak yang menasihati untuk mengubur hidup-hidup masa lalu kita, apalagi masa lalu yang buruk, jika yang dimaksud mengubur disini adalah untuk melupakan, maka usaha ini hanya akan sia-sia, sebab ia sudah kadung merasuk menjadi bagian dari jiwa kita. Mungkin kita akan lupa akan sesuatu hal, namun tak ada jaminan ia akan sirna selamanya, sangat bisa jadi saat mata,telinga,atau situasi dan kondisi merangsang ingatan kita, tiba-tiba masa lalu muncul entah dari mana asalnya.

Bahkan kematian pun takkan bisa menghapus masa lalu, justru saat nyawa meninggalkan raganya, saat itu kita mulai akan dihadapkan pada pemutaran ulang amal perbuatan kita kala hidup didunia. dari hal yang besar smapai hal terkecil, secara detail dan tak ada yang ditambahi atau dikurangi. Bukan cuma itu saja, kita pun dihadapkan pada saksi-saksi yang takkan mungkin bisa dibantah, karena mereka adalah tangan,kaki (anggota badan kita).


biarkan saja masa lalu itu, tidak usah capek-capek untuk melupakannya, jika masa lalu itu adalah sebuah kesalahan atau berupa perbuatan maksiat, akan lebih baik jika saat kita ingat kesalahan itu, lalu kita sulam dengan perbuatan baik (amal shalih), sambil memperbanyak istighfar mengharap ampunan-Nya. Jadikanlah masa lalu buruk sebagai bahan bakar untuk beramal kebajikan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan pesan yang membangun.